Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kepulauan Riau


Abstract Views : 555   PDF Downloads : 430

Authors

  • Erlina Gusnita STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.58707/jec.v4i2.916

Keywords:

Budaya Organisasi , Komitmen Kerja , Guru Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen kerja guru, khususnya guru pendidikan agama Islam yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan desain survey. Pada pendekatan kuantitatif data di kumpulkan dengan bantuan instrumen khusus yang di rancang untuk menilai perilaku-perilaku, dan informasi-informasi di analisis dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik dan pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket atau kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: 1) Uji coba validitas dan realibilitas data; 2) analisis statistik deskriptif; 3) pengujian persyaratan analisis; dan 4) pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa bahwa budaya organisasi berpengaruh langsung terhadap komitmen kerja guru. Berdasarkan hasil perhitungan analisis diperoleh nilai  thitung (11,78) > ttabel (1,880) , hingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa semakin baik budaya organisasi di sekolah, maka semakin tinggi pula komitmen kerja guru. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dijelaskan di atas besarnya pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen kerja guru sebesar 67,3%, sedangkan sisanya 32,7 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Gusnita, E. . (2024). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kepulauan Riau. Journal of Education and Culture, 4(2), 54–65. https://doi.org/10.58707/jec.v4i2.916

License

Copyright (c) 2024 Journal of Education and Culture

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.