Pengaruh Latihan Variasi Shooting Ke Arah Gawang Terhadap Akurasi Shooting Pada Tim Ekstrakurikuler Futsal di Pondok Pesantren Assalam
Keywords:
Shooting accuracy, Variation training, Futsal, Assalam Islamic Boarding SchoolAbstract
Akurasi shooting merupakan salah satu aspek krusial dalam futsal yang sering menjadi penentu keberhasilan tim. Pemain sering kali menghadapi tantangan dalam mencapai akurasi shooting yang konsisten, yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk teknik latihan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh latihan variasi shooting ke arah gawang terhadap akurasi shooting pada tim ekstrakurikuler futsal di Pondok Pesantren Assalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Subjek penelitian adalah anggota tim ekstrakurikuler futsal di Pondok Pesantren Assalam. Data dikumpulkan melalui pengukuran akurasi shooting sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) intervensi latihan variasi shooting. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t berpasangan untuk membandingkan rata-rata akurasi shooting sebelum dan sesudah latihan. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam akurasi shooting setelah diberikan latihan variasi shooting. Uji-t berpasangan menghasilkan nilai t sebesar -7.414 dengan signifikansi 0.000 (p < 0.05), yang menunjukkan bahwa perbedaan akurasi shooting sebelum dan sesudah latihan adalah signifikan secara statistik. Rata-rata akurasi shooting meningkat dari 2.550 (sebelum latihan) menjadi 1.530 (setelah latihan), dengan selisih rata-rata -2.550. Interval kepercayaan 95% untuk perbedaan rata-rata adalah antara -3.270 dan -1.830. Kesimpulan dari penelitian adalah Latihan variasi shooting ke arah gawang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan akurasi shooting pada tim ekstrakurikuler futsal di Pondok Pesantren Assalam. Latihan ini terbukti efektif dalam memperbaiki kemampuan pemain dalam mengarahkan bola ke gawang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Education and Culture

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



















