Peran Supervisi Klinis Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di SMKN 3 Tanjungpinang


Keywords:
Clinical Supervision, Principal, Teacher Professionalism, EducationAbstract
Supervisi klinis merupakan pendekatan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui bimbingan yang sistematis dan berbasis refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMKN 3 Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis yang diterapkan oleh kepala sekolah melalui tiga tahapan utama (perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut) berdampak positif terhadap kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru. Guru yang mendapatkan supervisi secara teratur menunjukkan peningkatan dalam perencanaan pembelajaran, penggunaan metode mengajar yang lebih inovatif, serta refleksi terhadap praktik pembelajaran. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan waktu, kesiapan guru dalam menerima supervisi, serta kebutuhan akan pelatihan bagi kepala sekolah agar dapat menerapkan supervisi klinis yang lebih efektif. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan supervisi klinis secara optimal, termasuk alokasi waktu yang lebih fleksibel, penyediaan pelatihan supervisi bagi kepala sekolah, serta dukungan dari dinas pendidikan untuk memperkuat efektivitas supervisi klinis dalam meningkatkan profesionalisme guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Education and Culture

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.