Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang


Abstract Views : 453   PDF Downloads : 372

Authors

  • Ahmad Fadhil Rizki IAI Miftahul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.58707/jec.v5i1.1125

Keywords:

Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang mencapai persentase sebesar 74% dengan kategori baik yang berada pada kisaran 61% - 80% dengan indikator keyakinan akan diri sendiri, optimis, memandang permasalahan sesuai dengan semestinya, bertanggungjawab dan realistis. Sedangkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang mencapai persentase sebesar 68% dengan kategori baik yang berada pada kisaran 61% - 80% dengan indikator dapat menjelaskan, dapat mendefinisikan dengan lisan, dapat menghasilkan, dapat memberikan contoh dan dapat menggunakan secara tepat. Terdapat hubungan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 2 Tanjungpinang sebesar 0,319 (lemah atau rendah) atau sebesar 10,2% (sangat lemah) sedangkan sisanya 89,8% dipengaruhi oleh faktor di luar penelitian ini.

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

Ahmad Fadhil Rizki. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Journal of Education and Culture, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.58707/jec.v5i1.1125

License

Copyright (c) 2024 Journal of Education and Culture

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.