Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang


DOI:
https://doi.org/10.58707/jec.v5i1.1125Keywords:
Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang mencapai persentase sebesar 74% dengan kategori baik yang berada pada kisaran 61% - 80% dengan indikator keyakinan akan diri sendiri, optimis, memandang permasalahan sesuai dengan semestinya, bertanggungjawab dan realistis. Sedangkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjungpinang mencapai persentase sebesar 68% dengan kategori baik yang berada pada kisaran 61% - 80% dengan indikator dapat menjelaskan, dapat mendefinisikan dengan lisan, dapat menghasilkan, dapat memberikan contoh dan dapat menggunakan secara tepat. Terdapat hubungan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 2 Tanjungpinang sebesar 0,319 (lemah atau rendah) atau sebesar 10,2% (sangat lemah) sedangkan sisanya 89,8% dipengaruhi oleh faktor di luar penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Education and Culture

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.