Pembelajaran al-Qur’an dan Budaya Lokal dalam Penguatan Identitas Keagamaan


Abstract Views : 21   PDF Downloads : 50

Authors

  • Fauzi STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

Keywords:

Pembelajaran al-Qur’an , Budaya Lokal , Identitas Keagamaan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pola hubungan antara agama dan budaya lokal yang dipelajari dari al-Qur’an dan budaya lokal. khususnya dalam penguatan identitas keagamaan sangat penting dilakukan. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, yakni dengan serangkaian aktivitas pengumpulan, mengelola serta menganalisis informasi yang diambil dari literatur-literatur tertulis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dikategorikan ke dalam beberapa kelompok, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer adalah bahan pustaka yang menjadi kajian utama atau pokok penelitian. Sedangkan sumber sekunder yang digunakan adalah jurnal dan hasil penelitian yang berhubungan dengan pembelajaran al-Qur’an dan budaya lokal dalam penguatan identitas agama. Setelah melakukan pengumpulan data dalam melakukan riset kepustakaan, maka langkah berikutnya adalah menganalisis data yang telah didapatkan saat melakukan pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks pendidikan, budaya memiliki peran yang sangat penting karena dapat mendukung proses pembelajaran siswa. Integrasi budaya dalam pembelajaran al-Qur’an memungkinkan potensi peserta didik berkembang lebih optimal.

Downloads

Published

10-09-2024

How to Cite

Fauzi. (2024). Pembelajaran al-Qur’an dan Budaya Lokal dalam Penguatan Identitas Keagamaan. Journal of Education and Culture, 4(3), 60–68. Retrieved from https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/jec/article/view/1005

License

Copyright (c) 2024 Journal of Education and Culture

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.