Pembelajaran al-Qur’an dan Budaya Lokal dalam Penguatan Identitas Keagamaan
Abstract Views : 21   PDF Downloads : 50
Keywords:
Pembelajaran al-Qur’an , Budaya Lokal , Identitas KeagamaanAbstract
Penelitian ini membahas tentang pola hubungan antara agama dan budaya lokal yang dipelajari dari al-Qur’an dan budaya lokal. khususnya dalam penguatan identitas keagamaan sangat penting dilakukan. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, yakni dengan serangkaian aktivitas pengumpulan, mengelola serta menganalisis informasi yang diambil dari literatur-literatur tertulis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dikategorikan ke dalam beberapa kelompok, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer adalah bahan pustaka yang menjadi kajian utama atau pokok penelitian. Sedangkan sumber sekunder yang digunakan adalah jurnal dan hasil penelitian yang berhubungan dengan pembelajaran al-Qur’an dan budaya lokal dalam penguatan identitas agama. Setelah melakukan pengumpulan data dalam melakukan riset kepustakaan, maka langkah berikutnya adalah menganalisis data yang telah didapatkan saat melakukan pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks pendidikan, budaya memiliki peran yang sangat penting karena dapat mendukung proses pembelajaran siswa. Integrasi budaya dalam pembelajaran al-Qur’an memungkinkan potensi peserta didik berkembang lebih optimal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Education and Culture
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.