Komponen Nilai Pendidikan Agama Islam: Analisis Nilai Aqidah, Ibadah, dan Akhlak


Abstract Views : 70   PDF Downloads : 88

Authors

  • Mukarromah STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

Keywords:

Nilai , Pendidikan , Pendidikan Agama Islam

Abstract

Adapun dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendalami komponen nilai pendidikan agama Islam yang dapat diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari dan dilaksanakan secara rutin oleh peserta didik dalam suatu lingkungan yang bersifat Islami. Dengan demikian proses penginternalisasian nilai-nilai pendidikan agama Islam menjadi maksimal. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (library research). yang mana objek penelitiannya dapat berupa buku, ensiklopedia, jurnal ilmiah, koran, majalah, dokumen, maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dikarenakan penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) sehingga pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menganalisis data yang sudah terkumpul, peneliti menggunakan teknik analisis isi atau content analysis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga nilai yang terkandung dalam pendidikan agama Islam yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya, yaitu nilai aqidah, ibadah, dan akhlak. Nilai ini bersumber dari kebenaran tertinggi yang datangnya dari Allah SWT dan ruang lingkup nilai ini sangat luas dan mengatur seluruh aspek dalam kehidupan manusia. Kebenaran nilai ini mutlak bagi umat Islam.

Downloads

Published

10-09-2024

How to Cite

Mukarromah. (2024). Komponen Nilai Pendidikan Agama Islam: Analisis Nilai Aqidah, Ibadah, dan Akhlak. Journal of Education and Culture, 4(3), 40–49. Retrieved from https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/jec/article/view/1004

License

Copyright (c) 2024 Journal of Education and Culture

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.