Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah dalam Mengelola Sumber Daya Manusia: Analisis Conceptual Skills, Human Skills, and Technical Skills


Abstract Views : 118   PDF Downloads : 90

Authors

  • Fahmi Fikri STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

Keywords:

Keterampilan Manajerial , Kepala Madrasah , Sumber Daya Manusia

Abstract

Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam terkait keahlian atau kemampuan dasar sebagai kelompok kemampuan yang harus dimiliki oleh tingkat pemimpin, dalam penelitian adalah kepala madrasah. Untuk itu dalam penelitian ini, peneliti akan membahas mengenai keterampilan manajerial kepala madrasah dalam mengelola sumber daya manusia, dilihat dari conceptual skill, human skill and technical skill. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai keterampilan manajerial kepala madrasah dalam mengelola sumber daya manusia. Penelitian ini bersifat deksriptif kualitatif sehingga memudahkan peneliti untuk memperoleh data yang objektif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga macam keterampilan manajerial yang diperlukan oleh seorang manajer dalam mengelola sumber daya manusia begitu juga dengan kepala madrasah yaitu: keterampilan konseptual (conceptual skills), keterampilan hubungan manusia (human skills), dan keterampilan teknikal (technical skills). Dari ketiga bidang keterampilan tersebut, human skill merupakan keterampilan yang memerlukan perhatian khusus dari para kepala madrasah, sebab melalui human skills seorang kepala madrasah dapat memahami isi hati, sikap dan motif orang lain, mengapa orang lain tersebut berkata dan berperilaku.

Downloads

Published

10-09-2024

How to Cite

Fikri, F. (2024). Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah dalam Mengelola Sumber Daya Manusia: Analisis Conceptual Skills, Human Skills, and Technical Skills. Journal of Education and Culture, 4(3), 50–59. Retrieved from https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/jec/article/view/1000

License

Copyright (c) 2024 Journal of Education and Culture

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.