Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Metode Student Teams Achievement Division (Stad)Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 005 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar


Abstract Views : 512   PDF Downloads : 415

Authors

  • tata hayanti universitas islam riau
  • Zulrafli Zulrafli Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.58707/isj.v1i2.548

Keywords:

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Metode Student Teams Achievement Division (STAD)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Pada siswa kelas 5 SD Negeri 005 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Adapun jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu Siswa Kelas 5 SD Negeri 005 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 23 orang siswa dengan komposisi perempuan 13 siswi dan laki-laki 10 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan perangkat pembelajaran yang didalamnya terdapat, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan tes lompat jauh dengan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu  tes lompat jauh menggunakan penilaian rubrik lompat jauh. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar lompat jauh dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada siswa kelas 5 SD Negeri 005 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dengan nilai rata-rata keterampilan siswa sebesar 77.90, dalam kategori kompeten dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 96%

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

hayanti, tata, & Zulrafli, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Metode Student Teams Achievement Division (Stad)Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 005 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Integrated Sport Journal (ISJ), 1(2), 58–66. https://doi.org/10.58707/isj.v1i2.548

License

Copyright (c) 2023 Integrated Sport Journal (ISJ)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.