Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan TaRL Siswa Kelas Vb SDN 105 Pekanbaru


DOI:
https://doi.org/10.58707/isj.v3i2.1242Keywords:
Passing bawah, pendekatan TaRL, bola voliAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran passing bawah permainan bola voli melalui metode pendekatan TaRL di SDN 105 Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelass Vb SDN 105 Pekanbaru yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melihat praktek passing bawah siswa dengan menggunakan tes unjuk kerja. Dari pelaksanaan siklus I terdapat 19 siswa (59,37%) tuntas dan 13 siswa (40,63%) tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat 27 siswa (84,37%) tuntas dan 5 siswa (15,63%) tidak tuntas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pendekatan TaRL dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas Vb SDN 105 Pekanbaru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Integrated Sport Journal (ISJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.