Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan TaRL Siswa Kelas Vb SDN 105 Pekanbaru


Abstract Views : 6   PDF Downloads : 1

Authors

  • Dani Susila Universitas Riau
  • Afdal Orlando Universitas Riau
  • Dimas Bangun Prasetiyo Universitas Riau
  • Juliantri Karido Universitas Riau
  • Jefri Hamzend Universitas Riau
  • Parlingotan Ariansyah Manulang Universitas Riau
  • Agus Sulastio Universitas Riau
  • Riski Andrian Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.58707/isj.v3i2.1242

Keywords:

Passing bawah, pendekatan TaRL, bola voli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran passing bawah permainan bola voli melalui metode pendekatan TaRL di SDN 105 Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelass Vb SDN 105 Pekanbaru yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melihat praktek passing bawah siswa dengan menggunakan tes unjuk kerja. Dari pelaksanaan siklus I terdapat 19 siswa (59,37%) tuntas dan 13 siswa (40,63%) tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat 27 siswa (84,37%) tuntas dan 5 siswa (15,63%) tidak tuntas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pendekatan TaRL dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas Vb SDN 105 Pekanbaru.

Downloads

Published

30-05-2025

How to Cite

Susila, D., Orlando, A., Bangun Prasetiyo, D., Karido, J., Hamzend, J., Ariansyah Manulang, P., Sulastio, A., & Andrian, R. (2025). Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan TaRL Siswa Kelas Vb SDN 105 Pekanbaru. Integrated Sport Journal (ISJ), 3(2), 142–150. https://doi.org/10.58707/isj.v3i2.1242

License

Copyright (c) 2025 Integrated Sport Journal (ISJ)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.