Hubungan Fasilitas Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Proses Pembelajaran Penjas Di SMPN 25 Kota Pekanbaru


DOI:
https://doi.org/10.58707/isj.v3i2.1231Keywords:
Fasilitas Olahraga, Minat Siswa Dalam Proses Pembelajaran PenjasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fasilitas olahraga terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran penjas di SMPN 25 Kota Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 25 Kota Pekanbaru yang berjumlah 61 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 61 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk melihat fasilitas olahraga dan angket untuk melihat tingkat minat siswa dalam proses pembelajaran penjas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kondisi fasilitas olahraga di SMPN 25 Kota Pekanbaru masih jauh dari memadai, dengan rata-rata ketersediaan hanya 52,54% yang tergolong cukup ideal. Hal ini menjadi tantangan yang perlu segera diatasi untuk mendukung pembelajaran penjas yang lebih efektif. Di sisi lain, minat siswa terhadap pembelajaran penjas tergolong kuat, dengan rata-rata nilai persentase skor angket mencapai 79,60 yang tergolong kuat terletak pada rentang 61% - 80%, yang menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran apabila fasilitas olahraga ditingkatkan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Integrated Sport Journal (ISJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.