Hubungan Fasilitas Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Proses Pembelajaran Penjas Di SMPN 25 Kota Pekanbaru


Abstract Views : 15   PDF Downloads : 3

Authors

  • sembara Universitas Islam Riau
  • Rezki Rezki Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.58707/isj.v3i2.1231

Keywords:

Fasilitas Olahraga, Minat Siswa Dalam Proses Pembelajaran Penjas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fasilitas olahraga terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran penjas di SMPN 25 Kota Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 25 Kota Pekanbaru yang berjumlah 61 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 61 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk melihat fasilitas olahraga dan angket untuk melihat tingkat minat siswa dalam proses pembelajaran penjas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kondisi fasilitas olahraga di SMPN 25 Kota Pekanbaru masih jauh dari memadai, dengan rata-rata ketersediaan hanya 52,54% yang tergolong cukup ideal. Hal ini menjadi tantangan yang perlu segera diatasi untuk mendukung pembelajaran penjas yang lebih efektif. Di sisi lain, minat siswa terhadap pembelajaran penjas tergolong kuat, dengan rata-rata nilai persentase skor angket mencapai 79,60 yang tergolong kuat terletak pada rentang 61% - 80%, yang menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran apabila fasilitas olahraga ditingkatkan

Downloads

Published

30-05-2025

How to Cite

sembara, & Rezki, R. (2025). Hubungan Fasilitas Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Proses Pembelajaran Penjas Di SMPN 25 Kota Pekanbaru. Integrated Sport Journal (ISJ), 3(2), 102–110. https://doi.org/10.58707/isj.v3i2.1231

License

Copyright (c) 2025 Integrated Sport Journal (ISJ)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.