Pelatihan Penyusunan Portofolio Akademik Bagi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Indragiri Untuk Peningkatan Kualifikasi


Abstract Views : 10   PDF Downloads : 9

Authors

  • Bayu Fajar Susanto Universitas Islam Indragiri
  • Muchlis Universitas Islam Indragiri
  • Widyawati Universitas Islam Indragiri
  • Raju Maulana Universitas Islam Indragiri
  • Syafrinadina Universitas Islam Indragiri
  • Sri Hidayanti Universitas Islam Indragiri

Keywords:

Portofolio Akademik, Peningkatan Kualifikasi, Pengembangan Karir Dosen, Pelatihan

Abstract

Peningkatan kualifikasi dosen merupakan aspek krusial dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Portofolio akademik menjadi instrumen penting dalam pengembangan karir dan peningkatan kualifikasi dosen. Namun, masih banyak dosen yang mengalami kesulitan dalam menyusun portofolio akademik yang efektif. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Indragiri dalam menyusun portofolio akademik. Metode yang digunakan adalah pelatihan intensif satu hari dengan pendekatan partisipatif dan praktis. Pelatihan mencakup pengenalan konsep portofolio akademik, teknik dokumentasi kegiatan akademik, strategi penyusunan portofolio, dan praktik langsung. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan dosen untuk menyusun portofolio akademik. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualifikasi dosen dan pengembangan karir akademik mereka.

Downloads

Published

14-04-2025

How to Cite

Susanto, B. F., Muchlis, Widyawati, Maulana, R., Syafrinadina, & Hidayanti, S. (2025). Pelatihan Penyusunan Portofolio Akademik Bagi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Indragiri Untuk Peningkatan Kualifikasi. IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 4(1), 35–41. Retrieved from https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/ikhlas/article/view/1383

License

Copyright (c) 2025 IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen dan Mahasiswa

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.