Strategi Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar


Abstract Views : 9   PDF Downloads : 10

Authors

  • Rizka Sofyan Saputri Universitas Negeri Surabaya
  • Tiwik Sunarsih Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Kastatik Universitas Negeri Surabaya
  • Hadi Purnomo Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Istiqfaroh Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Numerasi, Siswa SD, Peningkatan, Webinar

Abstract

Kemampuan numerasi sangat penting dimiliki oleh siswa karena merupakan bekal hidup yang berguna untuk keperluan sehari-hari. Kemampuan dan literasi numerasi harus terus menerus digalakkan kepada peserta didik melalui upaya pemberdayaan guru sebagai pioner mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan pelaporan hasil webinar yang bertemakan pengembangan kemampuan numerasi pada jenjang sekolah dasar. Metode penelitian menerapkan metode kualitatif dengan desain penelitian studi lapangan. Analisis data yang diterapkan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa numerasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang penting untuk dimiliki oleh siswa sekolah dasar yang dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan dan menarik, di mana guru harus menerapkan teknik dan metode tertentu untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Downloads

Published

14-04-2025

How to Cite

Saputri, R. S., Sunarsih, T., Kastatik, S., Purnomo, H., Istiqfaroh, N., & Hendratno. (2025). Strategi Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 4(1), 30–34. Retrieved from https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/ikhlas/article/view/1382

License

Copyright (c) 2025 IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen dan Mahasiswa

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.