Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Karakter Siswa Kelas 10 di Sekolah SMA Negeri 1 Labuhan Deli Jalan Serbaguna Ujung Pasar IV Helvetia


Abstract Views : 20   PDF Downloads : 4

Authors

  • Amelia Susanti Pakpahan Universitas Negeri Medan
  • Meria Yustinus Sihaloho Universitas Negeri Medan
  • Syntia Febriani Ambarita Universitas Negeri Medan
  • Vanessa Dwi Putri Siagian Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.58707/ikhlas.v4i2.1365

Keywords:

Strategi guru , Pendidikan karakter , Sopan santun , Kedisiplinan , Sekolah Menengah Atas

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana guru menerapkan strategi untuk memperkuat karakter siswa kelas X di SMA Negeri 1 Labuhan Deli, dengan fokus pada aspek sopan santun, tanggung jawab, kedisiplinan, kerjasama, dan kejujuran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif; data dikumpulkan melalui wawancara dengan satu guru dan tiga siswa, observasi proses pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter, serta dokumentasi pendukung. Temuan menunjukkan bahwa guru mempraktikkan berbagai langkah, antara lain memberi contoh perilaku yang baik, membiasakan rutinitas bernilai karakter, memberi pengarahan personal, serta menerapkan sistem penghargaan dan sanksi serta melibatkan orang tua. Implementasi strategi tersebut menghasilkan perubahan perilaku yang mengarah positif siswa menjadi lebih sopan, lebih bertanggung jawab, dan lebih disiplin meskipun beberapa siswa masih membutuhkan pembinaan berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan pentingnya konsistensi guru dan sinergi antara sekolah dan keluarga sebagai faktor penentu efektifitas pembentukan karakter.

Downloads

Published

31-08-2025

How to Cite

Susanti Pakpahan, A. ., Yustinus Sihaloho, M. ., Febriani Ambarita, S. ., & Putri Siagian, V. D. . (2025). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Karakter Siswa Kelas 10 di Sekolah SMA Negeri 1 Labuhan Deli Jalan Serbaguna Ujung Pasar IV Helvetia. IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 4(2), 66–70. https://doi.org/10.58707/ikhlas.v4i2.1365

License

Copyright (c) 2025 IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen dan Mahasiswa

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.