Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Karakter Siswa Kelas 10 di Sekolah SMA Negeri 1 Labuhan Deli Jalan Serbaguna Ujung Pasar IV Helvetia


DOI:
https://doi.org/10.58707/ikhlas.v4i2.1365Keywords:
Strategi guru , Pendidikan karakter , Sopan santun , Kedisiplinan , Sekolah Menengah AtasAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana guru menerapkan strategi untuk memperkuat karakter siswa kelas X di SMA Negeri 1 Labuhan Deli, dengan fokus pada aspek sopan santun, tanggung jawab, kedisiplinan, kerjasama, dan kejujuran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif; data dikumpulkan melalui wawancara dengan satu guru dan tiga siswa, observasi proses pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter, serta dokumentasi pendukung. Temuan menunjukkan bahwa guru mempraktikkan berbagai langkah, antara lain memberi contoh perilaku yang baik, membiasakan rutinitas bernilai karakter, memberi pengarahan personal, serta menerapkan sistem penghargaan dan sanksi serta melibatkan orang tua. Implementasi strategi tersebut menghasilkan perubahan perilaku yang mengarah positif siswa menjadi lebih sopan, lebih bertanggung jawab, dan lebih disiplin meskipun beberapa siswa masih membutuhkan pembinaan berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan pentingnya konsistensi guru dan sinergi antara sekolah dan keluarga sebagai faktor penentu efektifitas pembentukan karakter.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen dan Mahasiswa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.