Meningkatkan Literasi Teknologi Jaringan di SMK Pangeran Balikpapan dengan Pelatihan Mikrotik


Abstract Views : 250   PDF Downloads : 189

Authors

  • Wagimin Universitas Balikpapan
  • Anwar Fattah Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.58707/ikhlas.v3i3.1180

Keywords:

Jaringan Komputer, Teknologi Informasi, Router, Mikrotik PKM

Abstract

Komputer jaringan merupakan salah satu bidang penting dalam teknologi informasi yang terus berkembang seiring kemajuan teknologi. Berbagai perangkat jaringan komputer terus berinovasi untuk mengikuti perkembangan tersebut, termasuk Mikrotik, salah satu produk router yang banyak digunakan dalam implementasi sistem jaringan. Sebagai dosen, pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), menjadi tanggung jawab yang harus dijalankan setiap tahun. Pada tahun ini, PKM difokuskan pada Jurusan Komputer di SMKN 1 Peringgasela. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa di bidang jaringan komputer dengan menggunakan Mikrotik. Pelatihan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) serta memberikan bekal yang bermanfaat bagi pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PSG) maupun setelah lulus nantinya. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi ceramah dan praktik (demonstrasi). Secara keseluruhan, hasil dari kegiatan pelatihan ini mencakup antusiasme dan semangat siswa, serta keberhasilan dalam beberapa aspek, yaitu: 1) Tercapainya keberhasilan pelatihan, 2) Terwujudnya tujuan penelitian yang telah direncanakan, dan 3) Tercapainya target materi yang telah ditetapkan.

Downloads

Published

01-02-2025

How to Cite

Wagimin, & Fattah, A. (2025). Meningkatkan Literasi Teknologi Jaringan di SMK Pangeran Balikpapan dengan Pelatihan Mikrotik. IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 3(3), 32–40. https://doi.org/10.58707/ikhlas.v3i3.1180

License

Copyright (c) 2024 IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen dan Mahasiswa

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.